headline photo

Surga dan Penduduknya (2)

Rabu, 16 Desember 2009



Orang yang pertama kali masuk surga adalah Rasulullah SAW. Dan rombongan yang masuk surga pertama kali keadaannya laksana bulan purnama. Kemudian yang setelah itu laksana bintang yang terang di langit.

Surga memiliki delapan pintu. Tiap pintu hanya bisa dimasuki oleh ahlinya. Berikut pembagian pintu-pintu surga:

1. Pintu taubah atau pintu Muhammad SAW
2. Pintu Shalat
3. Pintu Puasa (Ar-Rayyan)
4. Pintu Zakat
5. Pintu Shadaqah
6. Pintu Haji dan Umrah
7. Pintu Jihad
8. Pintu Shilah (silaturrahim)

Akan tetapi ada juga yang bisa memasuki semua pintu itu. Mereka dipanggil dari semua pintu surga. Seperti sabda Nabi:
“Siapa yang menginfakkan dua zauj (kuda, budak atau unta)nya di jalan Allah, dia akan dipanggil dari semua pintu surga. Wahai hamba Allah, ini baik. Dan siapa yang termasuk ahli shalat, dia akan dipanggil dari pintu shalat. Siapa yang ahli jihad, akan dipanggil dari pintu jihad. Siapa yang termasuk ahli puasa, akan dipanggil dari pintu ‘Rayyan’. Siapa yang termasuk ahli shadaqah, akan dipanggil dari pintu shadaqah. Maka Abu Bakar berkata: Wahai Rasulullah, orang itu akan dipanggil dari semua pintu?” Beliau menjawab: “Ya, semoga engkau termasuk mereka.” (Muttafaqun ‘Alaihi)


Mereka di dalam surga tidak buang air kecil, tidak buang air besar, tidak beringus. Dan bentuk dan ukutan tubuh mereka sama, yaitu seperti bentuk Nabi Adam. Tingginya enam puluh hasta.

Mereka kekal di dalamnya. Tidak akan mati bahkan tidak akan sakit, tidak akan tua dan tidak akan mendapat kesusahan sedikitpun.


Mereka akan dikaruniai istri yang selalu bernyanyi untuk mereka. Istri yang selalu perawan. Tidak liar pandangannya

Di bawah ini petikan sabda-sabda Nabi berkenaan dengan surga dan penduduknya:

"Setiap ummatku akan masuk surga, kecuali orang yang enggan" Mereka bertanya, "Wahai Rasulullah, siapa yang enggan?" Beliau bersabda, "Barangsiapa taat kepadaku, niscaya dia akan masuk surga, dan siapa yang durhaka kepadaku, dialah yang enggan (masuk surga)." (HR. Bukhari)


Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Pada hari kiamat nanti aku akan mendatangi pintu surga, kemudian aku meminta agar dibukakan (pintunya). Maka penjaganya berkata: “Siapakah engkau?” Maka aku berkata: “Muhammad” Maka dia berkata: “Hanya denganmu aku diperintahkan agar membuka pintu ini dan dilarang bagi seorangpun sebelummu.”

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:
"Sesungguhnya orang yang pertama kali masuk surga dalam keadaan laksana bulan di malam purnama. Dan orang yang setelah mereka laksana bintang yang sangat terang di langit yang cerah. Mereka tidak akan buang air kecil, tidak buang air besar, tidak beringus, tidak meludah. Sisir mereka dari emas. Keringat mereka adalah 'misik'. Tempat 'bukhur' (pewangi ruangan dan tubuh) mereka adalah batang kayu 'gaharu India'. Isteri-isteri mereka para 'bidadari'. Bentuk tubuh mereka semua sama, yaitu seperti tubuh ayah mereka, Adam; tingginya enam puluh hasta." (Muttafaqun 'Alaihi)


Dari Sahl bin Sa'ad, ia berkata Rasulullah SAW bersabda:
"Di dalam surga ada delapan pintu, diantaranya ada yang bernama 'Ar-Rayyan', tidak akan memasuki, kecuali oleh orang-orang yang berpuasa." (HR. Muslim)

Tingkatan dan kedudukan penduduk surga:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata Rasulullah SAW bersabda:
"Siapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mendirikan shalat dan berpuasa Ramadhan, maka adalah suatu kewajiban bagi Allah untuk memasukkan mereka ke surga. Dia berhijrah di jalan Allah atau tetap tinggal di tanah airnya. Para sahabat berkata: "Wahai Rasulullah, bolehkan kita memberitahukan ini kepada manusia?" Beliau berkata: "Sesungguhnya di surga ada seratus tingkatan yang telah disediakan Allah bagi para mujahidin di jalan-Nya. Setiap dua tingkatan seperti jarak antara langit dan bumi. Maka jika kalian memohon surga kepada Allah, mohonlah surga 'Firdaus' yang tinggi, karena dia surga yang paling di tengah dan paling tinggi. Dan di atasnya 'Arsy Ar-Rahman. Dari sana sungai-sungai surga mengalir." (HR. Bukhari)


Tingkatan dan nama-nama syurga ialah:
1. Jannatul Firdaus yaitu surga yang terbuat dari emas merah.
2. Jannatul 'Adn yaitu surga yang terbuat dari intan putih.
3. Jannatun Na'iim yaitu surga yang terbuat dari perak putih.
4. Jannatul Khuldi yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning.
5. Jannatul Ma'wa yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau.
6. Darus Salaam yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah.
7. Darul Jalal yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.
8. Darul Qarar yaitu surga yang terbuat dari emas merah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters