headline photo

Video Kurang Kerjaan

Jumat, 22 Januari 2010



Kalau beberapa waktu lalu kita melihat video yang menggugah rasa penasaran kita tentang fenomena adzan. Kali ini kita akan melihat video dari Youtube yang sama sekali kurang kerjaan. Video ini didownload kemudian setelah disisipi pesan didalamnya diupload ulang sebagai respon untuk orang yang pertama kali menguploadnya.

Kesan “kurang kerjaan” akan kita lihat ketika seseorang yang didalam video itu menceritakan pengalamannya menjadi seorang beriman dalam hal ini seorang muslim. Bagaimana mungkin orang beriman baik itu Muslim, Kristen atau agama langit lainnya akan menyebut Allah dengan “person” atau orang. Kami pribadi sebagai seorang muslim sejak pertama bisa menyebut Allah, tidak pernah menempel sebutan orang (person) untuk Allah. Jadi isi video ini dengan vulgar telah menunjukkan bahwa video ini hanya berisi 'akting' dari mereka yang kami juga ragu apakah mereka pernah bersentuhan apalagi benar-benar bekas pemeluk Islam

Namun melihat video ini, kita juga bisa merenung, berapa banyak orang yang beriman sungguh jauh dari yang diimaninya dan hanya terjebak dengan rutinitas ritual. Singkatnya bisa kita gambarkan kita solat tiap hari tapi dalam solat yang kita ingat bukan Allah tapi yang lainnya. Pacar? Istri? Suami? Anak? Barang dagangan? Bisnis yang lainnya?

Jadi bisa kita sebut bahwa Rene, tokoh dalam video ini juga sudah menjadi fenoma tersendiri yang sudah ada di tengah-tengah kita orang Islam, bahkan Kristen dan agama lainnya yang hanya terjebak dalam rutinitas ritual tanpa penghayatan dan kesadaran menyeluruh tentang apa yang sedang dilakukannya.

Video semacam ini banyak sekali. Dari yang sangat profesional dalam pembuatannya  dan isinya sampai yang sama sekali 'dagelan'. Baik yang dibuat oleh penganut agama lain pada Islam atau yang dibuat oleh penganut Islam pada agama lain.

Tapi jangan buang waktu kita merenungkan hal yang tidak ilmiah. Walaupun banyak dari ajaran agama yang tidak semuanya ilmiah dan hanya menuntut kepatuhan kita sebagai makhluk. Seperti wudlu. Kenapa kita harus wudlu? Membasuh muka dan telapak tangan. Apa maksudnya? Mencium hajar aswad yang menempel di sisi ka’bah, apa manfaatnya anjuran itu? Dan seterusnya. Selain penelitian-penelitian yang banyak mengungkap manfaat dari membasuh muka, berkumur sebelum wudlu, kita tidak tahu alasan dan maksud Tuhan sebenarnya memerintahkan untuk wudlu. Satu-satunya alasan yang kita tahu adalah alasan spiritual: ‘menghilangkan hadats dan dosa yang kecil-kecil’

Tidak semua yang ada dalam ajaran agama harus ilmiah. Kalau kita mendebat saudara kita yang Kristen tentang trinitas, jawabannya sama sekali tidak ilmiah. Tapi begitulah ajaran agama. Dia ada untuk dipatuhi. Dan setiap penganut agama harus yakin bahwa agamanyalah yang paling benar. Dengan semua ketidak-ilmiahan itu.

Maksud kami akan lebih bermanfaat bagi kita, jika kita seorang muslim, untuk menyegarkan pemahaman kita dengan merenungkan video-video yang menambah keimanan kita. Katakanlah seperti ‘alasan’ dibalik kepindahan seorang pemeluk Kristen ke Islam. Atau video yang juga tak kalah bermanfaat sebagai perangsang kita untuk menemukan jawabannya sendiri: ‘mengapa’ seorang Islam bisa pindah agama Kristen. Dengan tetap berhati-hati dan menjunjung tinggi objektifitas. Berhati-hatilah pada tokoh-tokoh di dalamnya, perhatikan dengan seksama apakah itu benar pengakuan tentang dirinya atau hanya orang yang menjalani skenario. Jangan terkecoh dengan video ‘kurang kerjaan’ seperti yang saya sebutkan diatas, yang kelihatannya seperti benar-benar terjadi, padahal cuma akting! Namanya juga rekaman. Siapapun dengan video recorder di tangannya dan bisa melihat, dia bisa merekam apa saja.

Selamat berselancar di Youtube!


Download videonya disini!

Video 'Para Muallaf' disini dan disini!

Download juga FLP Player untuk memutarnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters