headline photo

Bingkisan Tahun Baru!

Selasa, 05 Januari 2010




Tahun baru semangat baru. Dalam Islam kita dianjurkan untuk beramal untuk kehidupan dunia ini seakan-akan kita akan hidup selamanya. Jadi saat kita bekerja mencari nafkah hidup, mempelajari ilmu keduniaan, bayangkanlah kita akan selamanya menghuni bumi ini.

Hingga muncullah semangat menjalani kehidupan ini....

Tak ada alasan untuk berkata bahwa dunia tidak akan dibawa mati karena untuk melaksanakan rukun Islam yang lima* pun, kita butuh dunia (kecuali pengucapan dua kalimah syahadat)

Tetapi ketika tiba giliran beramal untuk akhirat, kesampingkanlah dunia, lupakan yang selain Dia. Bayangkanlah kita akan meninggalkan dunia ini esok hari.

Benar-benar tidak ada yang kita bawa kecuali amal shaleh dan hati yang bersih yang hanya mengharap ridlo-Nya.

Ada satu amalan yang paling dicintai Allah dan amalan ini kekal, dibaca baik oleh penduduk bumi dan langit dan juga oleh penduduk surga. Dulu kini dan kelak di surga (akhirat).

Sabda Nabi SAW:


"Amalan-amalan yang kekal dan shalehah adalah: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada sesembahan yang benar selain Allah, Allah Maha Besar, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah." (HR. Ahmad)

Begitu juga Sabda Nabi SAW kepada Abdullah bin Qais:


“Wahai Abdullah bin Qais, maukah aku tunjukkan kepadamu salah satu perbendaharaan surga?” Aku menjawab: “Tentu wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Ucapkan olehmu: Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.” (HR. Bukhori)


Rasulullah SAW. juga bersabda:


“Ucapan  yang paling dicintai oleh Allah ada empat: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada sesembahan yang benar selain Allah dan Allah Maha Besar. Tidak mengapa kamu memulai dari manapun kamu memulai." (HR. Muslim)

Sabdanya SAW pula:


"Apakah salah seorang dari kalian tidak mampu untuk mendapatkan 1000 kebaikan dalam sehari?" Kemudian ada seseorang dari orang-orang yang duduk bersama beliau bertanya: "Bagaimana caranya salah seorang dari kami mendapatkan 1000 kebaikan?" Beliau bersabda: "Hendaklah bertasbih** 100 kali, sehingga akan dituliskan baginya 1000 kebaikan dan dihapuskan darinya 1000 kesalahan." (HR. Muslim)
Beliau SAW. juga bersabda:


"Aku mengucapkan Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada sesembahan yang benar selain Allah dan Allah Maha Besar adalah lebih aku cintai daripada semua yang matahari terbit diatasnya." (HR. Bukhori dan Muslim)

Jadi diatas semua yang ada di dunia ini kalimat tasbih, tahmid, tahlil dan takbir adalah lebih baik di mata Nabi SAW. Maka kalau kita tinjau lebih jauh rasanya teramat sangat merugi kalau kehidupan di dunia ini tidak mau kita tukar dengan sekedar mengucapkan dzikir yang sudah biasa kita ucapkan tiap habis shalat 5 waktu ini secara rutin. Yang untuk melakukannya kita bahkan tidak memerlukan biaya sesen pun.

Dan walaupun tanpa perlu modal kalimat itu masih lebih baik dari apa pun yang ada di dunia ini.

-------->>
*Rukun Islam (Syarat kesempurnaan Islam kita):
1. Mengucapkan dua kalimat Syahadat
2. Mendirikan Sholat
3. Menunaikan Zakat
4. Puasa di Bulan Ramadlan
5. Berhaji ke Baitullah (bagi yang mampu)

**Tasbih= "Subhanallah."

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters