headline photo

MENGAPA KITA WAJIB MENCARI ILMU!

Kamis, 07 Oktober 2010


Setelah Adam diciptakan, Allah lalu mengajarkannya nama-nama semua benda yang ada di surga. Setelah itu Allah menantang malaikat untuk menyebutkan nama-nama benda itu. Malaikat menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana .”
a
Itulah sejarah singkat antara malaikat dan Adam dimana Allah lalu memerintahkan malaikat untuk sujud kepada Nabi Adam sebagai penghormatan atas keunggulannya dalam hal mengenal nama-nama.
g
‘Kejadian’ ini adalah awal mula pengakuan Allah akan kelebihan orang yang berilmu daripada orang yang tidak berilmu. Mengapa demikian?? Hanya orang berilmulah yang tahu bahwa Allah lah Dzat yang Maha Segala! Hanya orang berilmu yang sadar bahwa hidup ini kesemuanya (baik buruknya, senang susahnya) hanyalah ujian. Hanya orang berilmu yang tahu bahwa kasih sayang Allah melebihi segala! Dan ketika Allah mencintai hamba-Nya, Dia akan menguji si hamba habis-habisan sampai si hamba meratap dan menggantung hanya kepada-Nya. Hanya kehadirat-Nya.

Dan karena kesadaran semacam itu tidak bisa datang dalam sekejap, sering tidak abadi tapi selalu pasang dan surut mengikuti keadaan lingkungan dan suasana hati, maka kita diperintahkan untuk menuntut ilmu untuk mengenal lingkungan, mengenal diri dan mengenal alam serta mengenal sifat-sifat Tuhan. Batas waktu untuk melakukannya adalah seumur hidup! Mulai dari buaian ibu ketika kita belajar netek, hingga nyawa tidak lagi dikandung badan.

IKHLAS ATAU JAUH DARI BAU SURGA!

Satu dari sekian yang ‘urgen’ ketika mulai mencari ilmu adalah ikhlas. Bukan untuk sok-sokan dan gagah-gagahan di bidang yang favorit. Dan ketika sudah didapat bukan untuk mencari penghormatan dari manusia tapi sebaliknya untuk kemanfaatannya.

Kalau sampai kita terjebak dengan dua tujuan ‘negatif’ diatas, berarti kita sedang berada di ‘wilayah merah’ dan sebisa mungkin cepat keluar dari sana. Kata Nabi:

“Barangsiapa yang menuntut ilmu yang pelajari hanya karena Allah sedang ia tidak menuntutnya kecuali untuk mendapatkan harta-benda dunia, ia tidak akan mendapatkan bau sorga pada hari kiamat”.( HR: Ahmad, Abu,Daud dan Ibnu Majah)







Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
free counters